Simbol Simbol Flowchart

Flowchart adalah urutan proses sebuah kegiatan yang digambarkan dengan rangkaian simbol dan gambar. Flowchart juga sering disebut dengan bagan alir. Lambang – lambang yang digunakan di sini tentu tidak asal digunakan. Simbol dan gambar yang ada dalam diagram ini memiliki arti tertentu. Penggunaan ini adalah untuk membuat bagan mudah dibaca.

Penggunaan flowchart ini penting dalam mengatur organisasi dan sistem kerja dalam programing. Menggunakan alat ini, Anda bisa dengan mudah mengerti bagaimana sebuah program bekerja dalam mengelola input dan output. Anda juga bisa menggunakan informasi dari flowchart ini untuk membaca bagaimana group – group dalam sebuah program berkomunikasi dan berfungsi satu sama lain.

Fungsi Flowchart

Nah, menggunakan simbol – simbol yang memiliki arti tertentu ini, Anda bisa membayangkan fungsi flowchart secara sederhana. Tapi untuk gambaran fungsi yang lebih jelas, berikut adalah beberapa kegunaan flowchart

  • Mempermudah Proses Perencanaan

Flowchart dapat membantu para programmer untuk memahami alur dan pola ketika merencanakan program. Hal ini penting apalagi saat programmer bekerja bersama group. Group yang bekerja dapat dengan mudah membayangkan bagaimana program bekerja secara keseluruhan sambil mengerjakan bagian – bagian program tersebut. Jadi walaupun tugas dibagi – bagi, tiap programmer tetap mengerti bagaimana nantinya program akan bekerja.

  • Mempermudah Komunikasi

Bagan ini dapat dibaca dengan lebih cepat dibandingkan keterangan program dalam bentuk teks. Para programmer yang melihat hal ini cukup mengartikannya dengan arti simbol yang digunakan. Proses ini sungguh membantu jika ada programmer baru yang datang di tengah mengerjakan program. Anda tidak perlu harus menuntun programmer baru tersebut secara rinci, cukup memberikan flowchart dan menjelaskan bagaimana situasi project saat itu. Menggunakan cara ini, programmer baru tidak akan overload oleh informasi yang harus dipelajari. Simbol flowchart bersifat umum, jadi banyak orang sudah mengerti bagaimana membacanya.

  • Memudahkan Melihat Pekerjaan Program

Dalam membuat program, Anda dapat memahami bagaimana proses pekerjaan hanya dengan melihat alurnya. Jika program tidak sesuai alur, Anda bisa langsung mengetahuinya. Program flowchart juga dapat digunakan sebagai alat banding. Jika program sudah jadi, Anda harus tes kembali setiap alurnya agar sesuai dengan gambaran flowchart saat perencanaan.

 

Simbol – Simbol dalam Flowchart

Setelah mengerti bagaimana fungsi flowchart secara umum, sekarang waktunya Anda memahami arti simbol yang digunakan di dalamnya. Jika Anda sudah paham tentang anotasi dan simbol ini, Anda dengan mudah dapat mengartikan apa sebenarnya yang ingin dituju dari program tersebut.

Jika Anda ingin menjadi programmer pastikan belajar dan pahami hal ini. Anda tentu tidak mau menjadi beban dalam tim. Semakin Anda paham tentang flowchart ini, makin ringan juga beban rekan Anda dalam bekerja dengan Anda. Mereka tidak perlu harus berhenti dan menjelaskan setiap kali Anda mendapatkan perintah untuk mengerjakan bagian tertentu dalam program.

Anda tidak perlu takut belajar soal simbol – simbol ini, flowchart memang terlihat kompleks tapi sebenarnya hal ini tidak benar. Dari sekian banyak simbol dalam flowchart, hanya beberapa simbol dan anotasi yang sering digunakan. Jadi Anda hanya perlu memahami beberapa yang sering muncul ini. Untuk bentuk yang jarang digunakan, Anda hanya perlu mencatatnya saja di belakang kepala dan tidak perlu terlalu fokus. Jika sudah belajar, Anda dengan mudah mengartikan flowchart yang terlihat rumit menjadi bahasa – bahasa sederhana yang mudah dimengerti.

Berikut adalah simbol dan anotasi yang sering terlihat saat Anda membaca flowchart

  • Terminal Point Symbol / Simbol Titik Terminal

Simbol ini menunjukkan titik awal dan titik akhir sebuah program. Simbol ini digambarkan dengan bentuk kotak dengan sudut membulat. Jika Anda membaca flowchart pastikan membaca dari titik ini. Bagaimanapun kompleksnya sebuah flowchart, Anda akan tetap paham tujuan program hanya dengan melihat simbol ini.

  • Flow Direction Symbol / Simbol Arus

Simbol ini berfungsi sebagai konektor antar simbol. Bentuk simbol ini digambarkan dengan garis – garis panah. Arah panah yang digunakan tentunya mempermudah Anda dalam membaca alur program. Karena artinya ini, banyak orang menyebut panah – panah ini sebagai connecting lane atau panah arus.

  • Processing Symbol / Simbol Proses

Simbol berikutnya ini menunjukkan kegiatan komputasi yang dilakukan oleh komputer. Jika dibayangkan pekerjaannya, simbol ini mencakup kegiatan membaca, inspeksi, dan mengolah input. Simbol ini ditunjukan dengan gambar persegi panjang.

  • Decision Symbol / Simbol Keputusan

Simbol ini menunjukkan tahap di mana keputusan diperlukan untuk melanjutkan proses. Keputusan ini bisa berbentuk otomatis maupun manual. Keputusan yang dilakukan dengan otomatis bisa dikondisikan berdasarkan kriteria – kriteria tertentu yang sudah di setting sebelumnya. Simbol ini berbentuk diamond atau wajik dalam flowchart.

  • Input-Output / Simbol Keluar-Masuk

Simbol ini menunjukkan proses input – output yang terjadi tanpa memperhatikan proses dan jenis alat yang memprosesnya. Bentuk simbol ini adalah jajargenjang.

  • Predefined Process / Simbol Proses Terdefinisi

Simbol ini berbentuk persegi panjang dengan dua garis vertikal di kanan dan kirinya. Simbol ini digunakan untuk menggambarkan suatu tahapan proses dalam keseluruhan program. Penggunaan simbol ini hanya terbatas pada program yang membutuhkan beberapa prosedur tertentu.

  • Connector (On-page)

Untuk menghindari bentuk jaring – jaring dengan banyak connector line, Anda bisa menggunakan simbol ini. Simbol ini menghubungkan dua simbol yang jaraknya berjauhan. Jika dipaksa dihubungkan dengan garis, gambaran flowchart jadi tidak jelas dan malah membuat kabur struktur flowchart secara keseluruhan.

Simbol ini hanya digunakan untuk gambar flowchart dalam satu halaman. Bentuk dari simbol ini adalah bulat koin.

  • Connector (Off-page)

Sama halnya dengan connector yang on-page, simbol ini menghubungkan dua hal tanpa menggunakan garis. Bedanya, connector ini digunakan untuk menghubungkan simbol yang berbeda halaman. Bentuk dari connector ini adalah segi lima dengan bentuk seperti rumah terbalik. Simbol ini biasanya dilengkapi dengan huruf dan angka untuk menjelaskan halaman yang dituju.

  • Preparation Symbol / Simbol Persiapan

Simbol ini berbentuk segi enam yang memiliki panjang ke arah horizontal. Dalam flowchart, simbol ini digunakan sebagai tanda untuk mempersiapkan sesuatu sebelum dimasukan dalam storage.

  • Manual Input Symbol

Simbol ini menunjukkan bahwa Anda perlu menggunakan input manual untuk menyelesaikan tugas. Bentuk simbol ini adalah trapesium siku – siku yang sisi miringnya ada di bagian atas.

  • Manual Operation Symbol / Simbol Kegiatan Manual

Simbol ini menunjukkan proses ataupun kegiatan yang dilakukan di luar komputer. Bisa dibilang proses ini memperlihatkan kegiatan manual yang harus dikerjakan sebelum proses dapat dilanjutkan. Simbol ini ditunjukan dengan bentuk trapesium terbalik

  • |Document Symbol

Simbol ini menunjukkan bentuk input ataupun output berhubungan dengan kertas dokumen fisik. Bentuk simbol ini adalah persegi panjang dengan bentuk bergelombang di sisi bawahnya.

  • Multiple Documents

Hal ini sama dengan document symbol tapi menunjukkan penggunaan banyak dokumen. Bentuk dari simbol ini merupakan perpaduan banyak document symbol yang ditumpuk.

  • Display Symbol

Simbol ini menyatakan adanya output ke media seperti layar, printer, proyektor, plotter dan berbagai alat lain yang dapat memberi gambaran keluar. Bentuk simbol ini mirip dengan loncong ke arah kotak.

  • Delay Symbol

Simbol ini menunjukkan adanya proses tunggu. Proses ini biasanya digunakan jika ada hal yang antri dalam arus program. Bentuk simbol ini adalah persegi panjang dengan sisi membulat di bagian kanannya.

Nah, mudah – mudahan artikel ini membantu Anda memahami simbol – simbol dalam flowchart. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *